Artikel /

Apa Saja Sih Bahaya Bagi Pengidap Anoreksia

Blog Artikel dan Info

Anoreksia nervosa adalah suatu persoalan kesehatan jiwa yang mana pengidapnya terobsesi untuk memiliki tubuh kurus dan sungguh-sungguh takut bila mereka menonjol gemuk. Saking takutnya, mereka pun selalu menganggap tubuhnya masih kurang kurus atau masih gemuk meski kenyataannya tidak seperti itu.

Umur 16-17 tahun adalah usia yang dianggap rawan bagi gangguan ini untuk mulai timbul. Mayoritas pengidap anoreksia berasal dari kalangan remaja putri dan wanita dewasa.

Untuk membuat tubuh mereka tetap sekurus mungkin, pengidap anoreksia akan berusaha keras mengendalikan porsi makan seminimal mungkin, menerapkan obat-obatan (seperti pencahar dan penekan nafsu makan), serta berolahraga secara berlebihan.

Sebagian dari mereka pun akan berusaha memuntahkan kembali makanan yang telah dikonsumsi, sebuah ciri khas gangguan makan yang dinamakan bulimia nervosa. Tetapi, bila pada bulimia penderitanya rata-rata memiliki berat normal atau lebih, penderita anoreksia memiliki berat badan yang kurang.
Gejala anoreksia nervosa dan persoalan psikologis lain yang berkaitan

Mereka yang mengidap anoreksia bisa dikenali dari gejala berikut ini:

- Penurunan berat badan secara signifikan dan menonjol sungguh-sungguh kurus.
- Selalu memerhatikan bentuk tubuh di depan cermin.
- Menimbang tubuh hampir tiap-tiap dikala.
- Jarang memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan.
- Suka berbohong bila ditanya apakah mereka telah makan.
- Amat memperhitungkan jumlah kalori, lemak, dan gula pada makanan.
- Jarang berolahraga secara berlebihan.Suka minum obat-obatan pencahar dan penekan nafsu makan.Gampang tersinggung
- Mengalami persoalan kesehatan sebagai pengaruh dari anoreksia itu sendiri, semisal kelelahan, dehidrasi, tekanan darah rendah, pusing, rambut rontok, dan kulit kering.

Anoreksia juga bisa berkaitan dengan persoalan kejiwaan lainnya seperti depresi, merasa rendah diri, kecemasan, penyalahgunaan alkohol, dan perlukaan terhadap diri sendiri

orang telah membaca artikel ini.